Jumat, 02 Juni 2017

CONTOH LAPORAN PKL JURUSAN MULTIMEDIA

LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI MULTINET PERCETAKAN & KOMPUTER

Diajukan sebagai salah satu syarat menyelesaikan Praktik Kerja Industri(Prakrin) di SMK Negeri 1 Kersana

LOGO SMK 1 KERSANA.jpg

Disusun Oleh :
Nama                       : KARMILA
NIS                            : 2912
Kelas                        : XII  MULTIMEDIA  B


SMK NEGERI 1 KERSANA
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI (MULTIMEDIA)
TAHUN 2017




LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
PELAKSANAAN  PRAKTEK  KERJA LAPANGAN
DI MULTINET PERCETAKAN & KOMPUTER

Di susun  oleh  :
Nama : KARMILA
                                                NIS    : 2912


Pembimbing
Multinet percetakan & komputer



Ir Zaenudin

Guru Pembimbing
SMK Negeri 1 Kersana



Edy Setiawan, S.Kom
NIP. 19800426 200904 1 001





Menyetujui,
Kepala SMK N 1 Kersana





Drs. Samsudin, M.Pd
NIP. 19640314 198902 1 004

Menyetujui,
Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia





Edy Setiawan, S.Kom
NIP. 19800426 200904 1 001






i
KATA PENGANTAR
Puji  dan  syukur  dipanjatkan  kehadirat Allah S.W.T  karena  berkat  rahmat  dan  karunia-Nya  penulis  dapat  menyelesaikan laporan ini yang  merupakan  salah satu syarat untuk  menyelesaikan  praktek  kerja  industri (prakerin) di SMK Negeri 1 Kersana. Dari hasil  yang  telah  dilakukan dan dicapai  selama  penulis  mengikuti kegiatan  praktek  kerja  lapangan  (PKL) di  Multinet percetakan & komputer  selama 2 bulan  dari tanggal 01 Februari 2017 sampai dengan 31 Maret 2017 penulis  banyak  mendapatkan pengetahuan  dan  pengalaman berharga  yang tak ternilai. Kemudian dari  hal-hal tersebut menjadi dasar dan bahan penulis dalam  pembuatan laporan ini. Pada kesempatan ini penulis  menyampaikan terima kasih atas perhatian, bantuan, bimbingan dan kesempatan untuk melaksanakan PKL kepada :

1.        Bapak Drs. Samsudin, M.Pd, selaku Kepala SMK Negeri 1 Kersana
2.        Bapak Ir.Zaenudin, selaku Pimpinan Multinet Percetakan & Komputer
3.        Bapak Edy Setiawan, S.Kom, selaku Pembimbing di SMK Negeri 1 Kersana
4.        Bapak Edy Setiawan, S.Kom, selaku Ketua Kompetensi  Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Kersana
5.        Ayah dan Ibu tercinta selaku orang tua yang telah memberi support.
6.        Serta teman-teman yang saya cintai, pembaca yang budiman, dan semua pihak yang telah membantu.

Penulis  mengakui  bahwa  laporan ini  masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu  penulis  memohon  kritik  dan  saran dari  semua  pihak  terhadap laporan ini.
Semoga laporan ini  berguna  bagi  penulis, SMK Negeri 1 Kersana,  Multinet percetakan & komputer Serta  masyarakat  pada  umumnya.


Kersana, .......................... 2017
                                                                                                                                

                                                                                               Penulis
                                                                                          KARMILA
ii
HALAMAN MOTTO :
1.     Semua  jadi  ringan  kalau  dikerjakan  dengan  kemauan  keras .
2.     Manusia  tak selamanya  benar dan tak  selamanya salah, kecuali  ia yang selalu mengoreksi diri dan  membenarkan kebenaran  orang lain atas kekeliruan  diri sendiri.
3.     Jangan membuang waktu mencari kesalahan, perbaiki penyebabnya.
4.     Jadikanlah hari ini lebih baik  dari pada  hari  kemarin, dan  jadikanlah hari  esok  lebih  baik dari  hari  ini.
5.     Nasehat yang baik kadang menyakitkan.















iii
DAFTAR ISI
JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………..................................i
KATA PENGANTAR........................................................................................................ii
MOTTO..........................................................................................................................iii
DAFTAR ISI....................................................................................................................iv
BAB I  PENDAHULUAN……………………………................................…………….. 1
1.1.  Latar  Belakang …………....................................................……. 1
1.2. Tujuan dan Manfaat  Prakerin.............……………………….......  2
       1.3. Dasar Pelaksanaan Prakerin..............…………………………...  2
       1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan…….......…………………….…. 3
              1.4.1. Waktu Pelaksanaan…………….................................…..... 3
              1.4.2.  Tempat Pelaksanaan………...................……………........ 3
       1.5. Sejarah  Singkat  DU/DI..............................…………………...... 3
       1.6. Struktur  Organisasi DU/DI..................………………………..... 3
 1.7. Jenis  Produksi/Jasa DU/DI..................……...………………….. 4
1.8.  Landasaan Teori…………………………………......…………... 4
        1.8.1. Tahap Pra Cetak……………….........................…………. 4
         1.8.2. Tahap Cetak……………..........................……………….. 4
         1.8.3. Tahap Finishing……………………......……………….... 4
BAB II KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN………...….......5
       2.1. Sejarah singkat CorelDraw…………………………….......……5
       2.2. Tentang CorelDraw.……...……………………………………...5
       2.3. Cara membuat Banner………………………...............…………6
BAB III PENUTUP……………………………………...........................10
       3.1. Kesimpulan……………………………………………...............10
       3.2. Saran – Saran………………………………………....................10
LAMPIRAN………………………………………....................................10





iv
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar  Belakang  Prakerin
   Sekolah  menengah  kejuruan (SMK) merupakan  salah  satu sub system pendidikan  Nasional yang memiliki  kedudukan serta  peran  yang sangat penting  dalam  mempersiapkan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Salah satu untuk  mewujudkan  hal  tersebut adalah dengan  mengadakan  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL).
         Prakerin  adalah suatu  bentuk  penyelenggaraan   pendidikan  keahlian profesional  yang  terpadu  secara  sistematis  dan  sinkron  antara program keahlian di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui praktek kerja   industri  yang  terarah  untuk  mencapai  keahlian   yang propesional antara program studi yang ada di sekolah  dengan  kebutuhan  yang  ada  di lapangan. Dengan  adanya  pengalaman  kerja  selama  prakerin, maka siswa diharapkan  tidak  hanya dapat  mencari lapangan kerja tetapi juga menciptakan lapangan  usaha  sendiri.
Implementasi kebijakan  Prakerin ini dikukuhkan  oleh keputusan Menteri Pendidikan  dan  Kebudayaan No. 080/II/1993 BAB IV butir C-1 jo PP No. VII Pasal 8 ayat 2 yang intinya berisi bahwa kelompok  mata pelajaran  kejuruan dan keahlian  sepenuhnya  dilaksanakan di masyarakat  dan di dunia  usaha.

  Oleh karenanya telah menjadi  tanggungjawab  instansi  penyelenggara  pendidikan  kejuruan  seperti  SMK, khususnya SMK Negeri 1 Kersana dalam  menciptakan  siswa  menjadi  tenaga  kerja yang professional yang siap  pakai dan  mandiri. Dengan  cara demikian, kegiatan Prakerin tersebut   dapat merupakan  bagian  dari kurikulum  pendidikan yang artinya setiap  siswa SMK N 1 Kersana mengikuti  kegiatan  prakerin yang dilaksanakan di dunia  usaha dan industri.





1
1.2. Tujuan  dan  Manfaat  Prakerin :
Ø Memperkenalkan dunia usaha, serta melatih  kedisiplinan
Ø Melatih rasa tanggungjawab  atas  pekerjaannya
Ø Menumbuh  kembangkan  sikap  profesional yang dibutuhkan  siswa  dalam memasuki  lapangan  dunia  kerja  nantinya.
Ø Meningkatkan  pengetahuan  pada  aspek-aspek  industri yang professional dalam lapangan  kerja, antara lain: struktur  organisasi, asosiasi  industri, dan jenjang   manajemen  industri.
Ø Memperluas  pandangan  siswa  terhadap  jenis  kerja yang ada di bidang  bersangkutan  atau  tempat  praktek  dengan  segala persyaratannya.
Ø Berusaha keras  dengan  ketepatan  dan  kecepatan  guna  mencapai standar  perusahaan atau  industri.
Ø Memberi  peluang  masuk  atau penempatan  bagi  tamatan dan  kerjasama  dengan tempat  prakerin.
Ø Meningkatkan, memperluas dan  memantapkan  keterampilan  bagi siswa sebagai  bekal  dalam  memasuki  lapangan  kerja yang sesuai  dengan  bidang  keahlian
1.3.  Dasar  Pelaksanaan
        Pelaksanaan  Praktek  Kerja  Lapangan (PKL) pada  pendidikan menengah  kejuruan  berdasarkan  ketentuan-ketentuan yang  tertuang  dalam :

a)      Undang-undang No. 02 tahun 1989 tentang pendidikan  nasional
b)      No. 29 tahun 1990 tentang  pendidikan  menengah
c)       Keputusan MENDIKBUD No. 0490/U/1993 tentang  sekolah  menengah
d)      Keputusan MENDIKBUD No. 0080/U/1993 tentang  kurikulum  SMK

2
1.4. Waktu dan Tempat  Pelaksanaan Prakerin

       1.4.1. Waktu
              Waktu  dilaksanakannya  prakerin adalah  1 Februari sampai dengan   31 Maret  2017.          
      1.4.2. Tempat
                Tempat dilaksanakannya prakerin adalah di Multinet percetakan & komputer.

1.5.  Sejarah  Singkah  DU/DI

Multinet percetakan & komputer Ketanggungan  adalah sebuah  perusahaan yang berdiri sejak tahun 2004 yang bergerak dalam bidang jasa percetakan seperti cetak banner, sticker, foto, kartu nama dll. Perusahaan ini terletak di  Jl. Sudirman No 90 Ketanggungan  Brebes, di kelola oleh pemiliknya sendiri yaitu Bpk. Ir Zaenudin.

1.6. Struktur  Organisasi  Perusahaan

Pimpinan
Ir. Zaenudin


 





   
CUSTOMER SERVICE
Wahyudin
Mohamad Ajis


DESIGNER
Septian Dwi Cahya
Wahyudin
Mohamad Ajis



3
1.7.  Jenis  Jenis  Produksi
1.     Cetak foto
2.     Kartu nama
3.     Banner
4.     Foto copy
5.     Cetak stiker
6.     Alat Atk
7.     KTA
8.     Pembuatan Stempel warna dan kayu dll
1.8. Landasan Teori
          1.8.1 Tahap Pra-Cetak (prepress)
Membuat design cetak seperti  cover buku, kop surat, kartu nama, undangan, brosur, kalender , surat yasin & tahlil dll. Jika mau dicetak dalam jumlah besar, desain tadi harus dibuat CTCP (Computer to convensional plat) ini adalah sebuah kemajuan dalam tahap pracetak, dengan memotong satu proses produksi. kini dari desain kita bisa langsung mengekspose kedalam Convensional plat.
1.8.2    Tahap Cetak (Press)
1.8.3 Tahap Finishing (Post-Press)
Untuk tahap finishing ini terdapat berbagai jenis finishing mulai dari, lem, binding, laminating DOFF, glossy , spot UV, hardcover , pond , lipat dll. Pada tahap ini kita menindaklanjuti hasil cetakan. Apakah cetakan tadi dilipat atau dikemas , di komplit, mensortir (memilih mana yang bagus atau cacat) Jika semua beres, selanjutnya tinggal mengantarkan/ menyerahkan cetakan tersebut kepada konsumen/ pemesan.

4
BAB II
KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

2.1. SejarahCorelDraw
Corel draw adalah salah satu program desain grafis yang sangat populer dan banyak digunakan oleh desainer untuk mendesain logo-logo perusahaan, kaos, brosur iklan dan lain-lain.Corel adalah perusahaan pembuat perangkat lunak komputer. Produk corel yang paling terkenal adalah corel draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vector atau pembuatan vector.Perusahaan corel didirikan tahun 1985 dan memiliki markas di Ottawa , Kanada. Pengguna produk corel telah mencapai lebih dari 40 Juta dan produk corel telah dijual lebih dari 75 negara.Versi terakhir yang diliris adalah Corel Draw X7. Perusahaan saingan corel adalah Adobe.

2.2   Tentang Corel Draw
                  CorelDraw adalah program aplikasi desain yang berguna untuk melayout gambar dan mendesain grafis.Versi terbaru program ini adalah CorelDraw X7.Software coreldraw dibuat dan dikembangkan oleh Corel Cororation.Perangkat lunak ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fasilitas desain berbasis vector yang telah lama populer dikalangan pengguna komputer. Toolbox dan palet warna yang tampil disisi bidang gambar sangat membantu para penggunanya untuk mendesain secara cepat dan mudah. Karena berbasis vector, software ini mampu menampilkan objek gambar teks secara persisi dan akurat, meskipun diubah-ubah sekala dan ukurannya.
Program corel draw secara devacto telah menjadi program desain grafis andalah dikalangan desainer grafis, yang wajib dikuasai oleh pengguna computer yang ber kecimbung didunia setting, cetak, sablon, dan desain grafis. Coreldraw merupakan software berlisensi dengan harga lisensi $499 USD.
      



5
2.3.  Cara Membuat Banner
     1. Buka CorelDraw dan buat Doccument baru dengan ukuran sesuai kebutuhan.
Gambar 2.1 New Document pada CorelDraw
2.  Buat bentuk persegi dengan Rectangle tool
Gambar 2.2 membuat persegi dan lingkaran di CorelDraw






6
3. Beri Warna pada rectangle dan persegi yang di shape tersebut dengan Fill tool.
Gambar 2.4. mewarnai Rectangle dan persegi yang di shape.
4Impor t gambar dengan cara  klik file>import  atau CTRL+I lalu pilih gambar dan power clip serta di Transparan.
Gambar  2.4 mengimport gambar,PowerClip dan transparan.






7
Gambar 2.5 tambah Rectangle+shape di bagian bawah
5.  Setelah itu klik Text tool dan tulis yang anda inginkan
Gambar 2.6 Text tool
                               
      





8
6.      Kemudian tambahkan klik star tool pada sisi tulisan
 
Gambar 2.8 tambahkan star tool.
7.      Finishnya eksport desainnya ke PNG/JPG

            








9
BAB III 
 PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), penulis dapat menyimpulkan bahwa:
·        Berhasilanya pelaksanaan prakerin ini ditentukan oleh  interaksi yang baik antara  pelaksana prakerin dengan instruktur/pembimbing  prakerin berjalan baik/ lancar.
·        Setelah  melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) dari tanggal 01 Februari sampai dengan 31 Maret 2017 dan pembekalan yang diberikan oleh guru produtif, yang selama ini tidak diketahui dan belum  dipelajari di sekolah  ditemui  saat prakerin.
·        Praktek kerja lapangan ini merupakan kegiatan belajar mengenal bagaimana  kondisi nantinya  seandainya telah  masuk kedalam  lingkungan  kerja yang sebenarnya.
3.2. Saran-Saran
·        Program ini harus  tetap dilaksanakan oleh  setiap  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimanasiswa-siswi dapat memperoleh  gambaran  dan kerja nyata secara langsung.
·        Dalam   pelaksanaan  Praktek Kerja  Lapangan siswa-siswi diharapkan dapat  menjaga nama baik  sekolah maupun instansi yang ditempati
·        Sebaiknya sekolah lebih memperluas hubungan kerjasamanya dengan pihak industri  lainnya, agar siswa lebih mudah mendapatkan tempat praktek.
LAMPIRAN
1.      Jurnal Praktek Kerja Lapangan


10

5 komentar:

  1. Terimakasih banyak, laman ini sangat membantu saya

    BalasHapus
  2. Landasan pelaksaan nya mana?

    BalasHapus
  3. sia titanium - Titanium Art | Titanium Art
    Titanium Art is a fine art schick quattro titanium collection that combines contemporary art and style with the spirit of titanium armor nature that accompanies nature, from the heart titanium trim hair cutter reviews of titanium studs the titanium cup

    BalasHapus
  4. Laporan tersebut bisa membantu saya karena bisa jadi referensi bagi saya

    BalasHapus