LAPORAN
PRAKTEK KERJA
INDUSTRI (PRAKERIN)
DI MULTINET
PERCETAKAN & KOMPUTER
Diajukan sebagai salah satu syarat
menyelesaikan Praktik Kerja Industri(Prakrin) di SMK Negeri 1 Kersana

Disusun Oleh :
Nama : KARMILA
NIS :
2912
Kelas :
XII MULTIMEDIA B
SMK NEGERI 1
KERSANA
PROGRAM KEAHLIAN
TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI (MULTIMEDIA)
TAHUN 2017
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
DI MULTINET
PERCETAKAN & KOMPUTER
Di susun
oleh :
Nama : KARMILA
NIS : 2912
Pembimbing
Multinet percetakan & komputer
Ir Zaenudin
|
Guru Pembimbing
SMK Negeri 1
Kersana
Edy Setiawan, S.Kom
NIP. 19800426
200904 1 001
|
|
Menyetujui,
Kepala SMK N 1 Kersana
Drs. Samsudin, M.Pd
NIP. 19640314
198902 1 004
|
Menyetujui,
Ketua Kompetensi
Keahlian Multimedia
Edy Setiawan, S.Kom
NIP. 19800426
200904 1 001
|
i
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
dipanjatkan kehadirat Allah
S.W.T karena berkat
rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan ini yang merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan praktek kerja industri (prakerin) di SMK Negeri 1 Kersana. Dari
hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama penulis mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) di Multinet percetakan & komputer selama 2 bulan dari tanggal 01 Februari 2017 sampai dengan 31 Maret 2017 penulis banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berharga yang tak ternilai. Kemudian dari hal-hal tersebut menjadi dasar dan bahan
penulis dalam pembuatan laporan ini. Pada
kesempatan ini penulis menyampaikan
terima kasih atas perhatian, bantuan, bimbingan dan kesempatan untuk
melaksanakan PKL kepada :
1.
Bapak Drs. Samsudin, M.Pd, selaku Kepala SMK Negeri 1 Kersana
2.
Bapak Ir.Zaenudin, selaku Pimpinan Multinet Percetakan & Komputer
3.
Bapak Edy Setiawan, S.Kom, selaku Pembimbing di SMK Negeri 1 Kersana
4.
Bapak Edy Setiawan, S.Kom, selaku Ketua Kompetensi
Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Kersana
5.
Ayah dan Ibu tercinta selaku
orang tua yang telah memberi support.
6.
Serta teman-teman yang saya
cintai, pembaca yang budiman, dan semua pihak yang telah membantu.
Penulis mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu penulis memohon kritik dan saran
dari semua pihak terhadap laporan ini.
Semoga
laporan ini berguna bagi penulis, SMK Negeri 1 Kersana, Multinet percetakan &
komputer Serta masyarakat pada umumnya.
Kersana, .......................... 2017
Penulis
KARMILA
ii
HALAMAN MOTTO :
1.
Semua jadi
ringan kalau dikerjakan
dengan kemauan keras .
2. Manusia tak selamanya
benar dan tak selamanya salah, kecuali ia yang selalu mengoreksi diri dan membenarkan kebenaran orang lain atas kekeliruan diri sendiri.
3.
Jangan
membuang waktu mencari kesalahan, perbaiki penyebabnya.
4. Jadikanlah hari ini lebih baik
dari pada
hari kemarin, dan jadikanlah hari
esok lebih baik dari
hari ini.
5. Nasehat yang
baik kadang menyakitkan.
iii
DAFTAR ISI
JUDUL
LEMBAR
PENGESAHAN…………………………………………..................................i
KATA PENGANTAR........................................................................................................ii
MOTTO..........................................................................................................................iii
DAFTAR ISI....................................................................................................................iv
BAB I PENDAHULUAN……………………………................................…………….. 1
1.1. Latar Belakang …………....................................................……. 1
1.2. Tujuan
dan Manfaat Prakerin.............………………………....... 2
1.3. Dasar Pelaksanaan Prakerin..............…………………………... 2
1.4. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan…….......…………………….…. 3
1.4.1. Waktu
Pelaksanaan…………….................................…..... 3
1.4.2. Tempat Pelaksanaan………...................……………........ 3
1.5. Sejarah
Singkat DU/DI..............................…………………......
3
1.6. Struktur
Organisasi DU/DI..................……………………….....
3
1.7. Jenis Produksi/Jasa
DU/DI..................……...…………………..
4
1.8. Landasaan Teori…………………………………......…………... 4
1.8.1. Tahap Pra
Cetak……………….........................…………. 4
1.8.2. Tahap Cetak……………..........................……………….. 4
1.8.3. Tahap
Finishing……………………......……………….... 4
BAB II KEGIATAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN………...….......5
2.1. Sejarah singkat
CorelDraw…………………………….......……5
2.2. Tentang CorelDraw.……...……………………………………...5
2.3. Cara membuat
Banner………………………...............…………6
BAB III
PENUTUP……………………………………...........................10
3.1. Kesimpulan……………………………………………...............10
3.2. Saran – Saran………………………………………....................10
LAMPIRAN………………………………………....................................10
iv
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Prakerin
Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan salah satu sub system pendidikan
Nasional yang memiliki kedudukan serta peran yang sangat penting dalam mempersiapkan tenaga kerja
yang terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.
Salah satu untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Prakerin adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang terpadu secara sistematis dan sinkron antara program keahlian di sekolah dan penguasaan keahlian
yang diperoleh melalui praktek kerja industri yang terarah untuk mencapai keahlian yang propesional antara program studi yang ada di sekolah dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Dengan adanya pengalaman kerja selama prakerin, maka siswa diharapkan tidak hanya dapat mencari lapangan kerja tetapi juga menciptakan lapangan usaha sendiri.
Implementasi kebijakan Prakerin ini dikukuhkan oleh keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/II/1993 BAB IV butir C-1 jo PP No. VII Pasal 8 ayat 2
yang intinya berisi bahwa kelompok mata pelajaran kejuruan dan keahlian sepenuhnya dilaksanakan di masyarakat dan di dunia usaha.
Oleh karenanya telah menjadi tanggungjawab instansi penyelenggara pendidikan kejuruan seperti SMK,
khususnya SMK Negeri 1 Kersana dalam menciptakan siswa menjadi tenaga kerja yang professional yang siap pakai dan mandiri. Dengan cara demikian, kegiatan Prakerin tersebut dapat merupakan bagian dari kurikulum pendidikan yang artinya setiap siswa SMK N 1 Kersana mengikuti kegiatan prakerin yang dilaksanakan di dunia usaha dan industri.
1
1.2. Tujuan dan Manfaat
Prakerin :
Ø Memperkenalkan dunia usaha, serta melatih kedisiplinan
Ø Melatih rasa tanggungjawab atas pekerjaannya
Ø Menumbuh kembangkan sikap profesional
yang dibutuhkan siswa dalam memasuki lapangan dunia kerja nantinya.
Ø Meningkatkan pengetahuan pada aspek-aspek industri yang professional dalam lapangan kerja, antara lain: struktur organisasi, asosiasi industri,
dan jenjang manajemen industri.
Ø Memperluas pandangan siswa terhadap jenis kerja yang
ada di bidang bersangkutan atau tempat praktek dengan segala persyaratannya.
Ø Berusaha keras dengan ketepatan dan kecepatan guna mencapai standar perusahaan atau industri.
Ø Memberi peluang masuk atau penempatan bagi tamatan dan kerjasama dengan tempat prakerin.
Ø Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan bagi siswa sebagai bekal dalam memasuki lapangan kerja yang
sesuai dengan bidang keahlian
1.3.
Dasar Pelaksanaan
Pelaksanaan Praktek
Kerja Lapangan (PKL) pada pendidikan menengah kejuruan berdasarkan ketentuan-ketentuan
yang tertuang dalam :
a) Undang-undang No. 02 tahun 1989 tentang pendidikan nasional
b) No. 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah
c) Keputusan MENDIKBUD No.
0490/U/1993 tentang sekolah menengah
d) Keputusan MENDIKBUD No. 0080/U/1993
tentang
kurikulum SMK
2
1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
1.4.1. Waktu
Waktu dilaksanakannya prakerin adalah 1 Februari sampai dengan 31 Maret
2017.
1.4.2. Tempat
Tempat dilaksanakannya prakerin adalah di Multinet
percetakan & komputer.
1.5. Sejarah
Singkah DU/DI
Multinet
percetakan & komputer Ketanggungan adalah sebuah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2004 yang
bergerak dalam bidang jasa percetakan seperti cetak banner, sticker, foto,
kartu nama dll. Perusahaan ini terletak di Jl. Sudirman No 90
Ketanggungan Brebes, di kelola oleh
pemiliknya sendiri yaitu Bpk. Ir Zaenudin.
1.6. Struktur Organisasi Perusahaan
Pimpinan
Ir. Zaenudin
|
![]() |
|
||
3
1.7. Jenis
Jenis Produksi
|
1. Cetak foto
2. Kartu nama
3. Banner
4. Foto copy
5. Cetak stiker
6. Alat Atk
7. KTA
8. Pembuatan Stempel warna dan kayu dll
1.8. Landasan Teori
1.8.1
Tahap Pra-Cetak
(prepress)
Membuat design cetak seperti cover buku, kop surat, kartu nama, undangan,
brosur, kalender , surat yasin & tahlil dll. Jika mau dicetak dalam jumlah
besar, desain tadi harus dibuat CTCP (Computer to convensional plat) ini adalah
sebuah kemajuan dalam tahap pracetak, dengan memotong satu proses produksi.
kini dari desain kita bisa langsung mengekspose kedalam Convensional plat.
1.8.2 Tahap Cetak (Press)
1.8.3 Tahap Finishing (Post-Press)
Untuk tahap finishing
ini terdapat berbagai jenis finishing mulai dari, lem, binding, laminating
DOFF, glossy , spot UV, hardcover , pond , lipat dll. Pada tahap ini kita
menindaklanjuti hasil cetakan. Apakah cetakan tadi dilipat atau dikemas , di
komplit, mensortir (memilih mana yang bagus atau cacat) Jika semua beres,
selanjutnya tinggal mengantarkan/ menyerahkan cetakan tersebut kepada konsumen/
pemesan.
4
BAB II
KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
2.1. SejarahCorelDraw
Corel draw adalah salah satu program desain
grafis yang sangat populer dan banyak digunakan oleh desainer untuk
mendesain logo-logo perusahaan, kaos, brosur iklan dan lain-lain.Corel adalah
perusahaan pembuat perangkat lunak komputer. Produk corel yang paling terkenal
adalah corel draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vector atau pembuatan vector.Perusahaan corel didirikan tahun
1985 dan memiliki markas di Ottawa , Kanada. Pengguna produk corel telah
mencapai lebih dari 40 Juta dan produk corel telah dijual lebih dari 75
negara.Versi terakhir yang diliris adalah Corel Draw X7. Perusahaan saingan
corel adalah Adobe.
2.2 Tentang Corel Draw
CorelDraw adalah
program aplikasi desain yang berguna untuk melayout
gambar dan mendesain grafis.Versi terbaru program ini adalah CorelDraw X7.Software coreldraw dibuat
dan dikembangkan oleh Corel Cororation.Perangkat lunak ini memiliki kelebihan
pada kelengkapan fasilitas desain berbasis vector yang telah lama populer
dikalangan pengguna komputer. Toolbox
dan palet warna yang tampil disisi
bidang gambar sangat membantu para penggunanya untuk mendesain secara cepat dan
mudah. Karena berbasis vector, software
ini mampu menampilkan objek gambar teks secara persisi dan akurat, meskipun
diubah-ubah sekala dan ukurannya.
Program corel draw secara devacto telah menjadi program desain
grafis andalah dikalangan desainer grafis,
yang wajib dikuasai oleh pengguna computer yang ber kecimbung
didunia setting, cetak, sablon, dan desain grafis. Coreldraw merupakan software berlisensi dengan harga lisensi
$499 USD.
5
2.3. Cara Membuat Banner
1. Buka CorelDraw dan buat Doccument baru dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Gambar 2.1 New Document pada CorelDraw
2. Buat bentuk persegi dengan Rectangle
tool

Gambar 2.2 membuat persegi dan lingkaran di CorelDraw
6
3. Beri Warna pada rectangle dan persegi yang di shape tersebut dengan Fill
tool.

Gambar 2.4. mewarnai Rectangle dan persegi yang di shape.
4. Impor t
gambar dengan cara klik
file>import atau CTRL+I lalu pilih
gambar
dan power clip serta di Transparan.

Gambar 2.4 mengimport
gambar,PowerClip dan transparan.
7

Gambar 2.5 tambah
Rectangle+shape di bagian bawah
5. Setelah itu klik Text tool dan tulis yang anda
inginkan

Gambar 2.6 Text tool
8
6.
Kemudian
tambahkan klik star tool pada sisi tulisan

Gambar 2.8 tambahkan star tool.
7. Finishnya eksport desainnya ke PNG/JPG

9
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Selama
melaksanakan Praktik Kerja Lapangan
(PKL), penulis
dapat menyimpulkan bahwa:
·
Berhasilanya
pelaksanaan prakerin ini ditentukan oleh
interaksi yang baik antara
pelaksana prakerin dengan instruktur/pembimbing prakerin berjalan baik/ lancar.
·
Setelah melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL)
dari tanggal 01 Februari sampai dengan 31 Maret 2017 dan
pembekalan yang diberikan oleh guru produtif, yang selama ini tidak diketahui
dan belum dipelajari di sekolah ditemui
saat prakerin.
·
Praktek kerja lapangan ini merupakan
kegiatan belajar mengenal bagaimana
kondisi nantinya seandainya
telah masuk kedalam lingkungan
kerja yang sebenarnya.
3.2. Saran-Saran
·
Program ini harus tetap dilaksanakan oleh setiap
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimanasiswa-siswi dapat memperoleh gambaran
dan kerja nyata secara langsung.
·
Dalam pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan siswa-siswi
diharapkan dapat menjaga nama baik sekolah maupun instansi yang ditempati
·
Sebaiknya sekolah lebih
memperluas hubungan kerjasamanya dengan pihak industri lainnya, agar siswa lebih mudah mendapatkan
tempat praktek.
LAMPIRAN
1. Jurnal Praktek Kerja Lapangan
10
JURNAL HARIANYA MANA???
BalasHapusTerimakasih banyak, laman ini sangat membantu saya
BalasHapusLandasan pelaksaan nya mana?
BalasHapussia titanium - Titanium Art | Titanium Art
BalasHapusTitanium Art is a fine art schick quattro titanium collection that combines contemporary art and style with the spirit of titanium armor nature that accompanies nature, from the heart titanium trim hair cutter reviews of titanium studs the titanium cup
Laporan tersebut bisa membantu saya karena bisa jadi referensi bagi saya
BalasHapus